SUDAH TAHU BAHAYA RUAM POPOK? CEGAH DENGAN TIPS INI YA! JANGAN LUPA KONSULTASI KE DOKTER

Dear mami onlineku

Banyak tantangan yang aku alami ketika menjadi ibu baru. Meng-ASI-hi, MPASI, blablabla sampai ruam popok. Pernah suatu ketika aa rizwan tantrum, rewel seharian, dikasi susu tetap rewel, di cup cup tetap rewel, waktu aku mau ganti popok ternyata banyak ruam di pantatnya merah-merah gitu. Kasihan kan. Mana kalo bayi belum bisa mengungkapkan dia menangis karena apa. Akhirnya aku cari tahu apa itu ruam popok dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya. Lanjut dibaca yaaaa siapa tahu sharing ku ini bisa di aplikasikan ke bayi nya mami papi onlineku

Tentang Ruam Popok

Ruam popok adalah peradangan pada kulit bayi yang disebabkan oleh kondisi lembap popok yang menutup kulit bayi. Sebagai akibat kurangnya sirkulasi udara dan kondisi lembap tersebut, kulit bayi mengalami ruam karena paparan urine dan feses pada kulit. Hampir semua bayi yang memakai popok, pernah mengalami ruam popok.

Ruam popok merupakan masalan yang rentan dan sering terja di pada anak. Dan kita sebagai orang tua harus aware dengan hal ini. Karena ruam popok sangat tidak nyaman dan pedih di kulit anak.

Gejala Ruam Popok

Masalah kulit yang sering terjadi pada anak adalah ruam popok. Anak akan rewel bahkan menangis ketika sedang buang air kecil atau buang air besar. Gejala ruam popok terjadi apabila terdapat tanda ini di kulit anak
1. Kulit memerah dan pedih pada area popok, seperti bokong, paha, dan area genitalnya
2. Anak cenderung rewel dan tidak nyaman saat ganti popok

Ruam Popok Sebabnya Apa?

Level ruam popok ada yang sedang, ringan dan parah. Ada beberapa hal yang menyebabkan ruam popok.

1. Alergi
Ruam popok bisa terjadi akibat alergi misal alergi makanan. Hal ini terjadi karena struktur feses serta frekuensi buang air besar berubah, terutama saat anak mulai MPASI

2. Infeksi
Ruam popok bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur. Kulit yang tertutup popok cenderung lembab sehingga meningkatkan kemungkinan berkembangnya jamur dan bakteri.

3. Adanya gesekan kulit dengan popok
Karena kulit bayi anak di bawah 2 tahun masih sangat lembut dan sensitif, gesekan sekecil apapun bisa memicu lecet pada kulit.

4. Kontak yang terlalu lama dengan feses dan urine
Kontak terlalu lama antara urine atau feses dengan kulit bayi bisa memicu iritasi pada kulit anak.

5. Iritasi
Beberapa hal yang paling sering menyebabkan ruam popok adalah penggunaan popok yang tidak tepat.

Cegah Ruam Popok

Mami papi onlineku harus melakukan pencegahan preventif agar tidak terjadi ruam popok. Beberapa tips nya adalah :

1. Jaga kulit bayi selalu kering
2. Ganti popok sesering ketika merasa basah dan gondal gandul
3. Pastikan area popok dibersihkan dengan cara di tepuk tepuk lembut bukan di gesek
4. Biarkan bagian area popok dan area genital kering sebelum memakai popok
5. Jangan menggunakan popok yang sempit

Nah gimana cara pencegahan ruam popoknya intinya pada popok kan??? Nah ini aku punya solusinya



Popok sultan terlembut di dunia kini ada di Indonesia

Sebagai pelopor popok sultan dengan teknologi tercanggih menggunakan struktur SAP (Super Absorbent Polymer) MAKUKU menghadirkan produk popok sekali pakai yang memprioritaskan kenyamanan dan keamanan pada anak saat memakai popok. MAKUKU SAP DIAPERS SLIM membuat kita para mami tidak perlu khawatir lagi akan ruam popok karena "Takut ruam popok, pakai MAKUKU"













Adapun keunggulan popok MAKUKU


1. SAP TECHNOLOGY
SAP adalah polimer hidrophilik. Popok MAKUKU penyerapannya lebih maksimal dengan teknologi SAP


2. Struktur 3D sehingga mengurangi kontak langsung dengan kulit
Urin akan terserap lebih cepat, dan kulit tidak langsung kontak dengan popok sehinga meminimalisir gesekan agar tidak timbul ruam popok atau iritasi

3. Permukaan rongga udara mempunyai sirkulasi 2 arah
Fungsinya agar kulit yang tertutup popok bisa tetap "breathable" agar tidak lembab dan tidak terjadi ruam popok

4. Terdapat indikator urin.
Ketika garis di popok berubah warna dari kuning menjad biru tandanya mami harus segera ganti popoknya

5. Khusus untuk size NB ada "U" shape untuk melindungi pusar bayi
Tujuannya agar melindungi dan mengurangi gesekan dengan tali pusar bayi.

6. Tipe celana ada tape pembuang
Agar tidak berhamburan kemana mana jadi tinggal di rekatkan dengan tapenya

7. Heat press side khusus tipe celana
Teknologi heat press side menggunakan alat ultrasonik /termokompresi jadi penyambungan popoknya dengan lem lebih sedikit agar tidak iritasi. Sehingga Popok MAKUKU lebih mudah di robek saat akan mengganti popok. Karet pinggang elastis jadi mengurangi gesekan popok.

8. Anti bocor samping
Di bagian samping popok terdapat sisi yang tidak melekat sepenuhnya di lapisan bawah popok. Tujuannya agar lebih banyak area penyerapan sehingga tidak mudah bocor samping




Pengalaman yang aku rasakan ketika menggunakan MAKUKU DIAPERS SLIM

1. Luxurious Soft
Literally soft alias lembut banget selembut sutra. Ga bakalan mami temuin kelembutan di popok lain selain popok MAKUKU

2. Slim
Popoknya tipis 1.6mm dan sangat ringan jadi anak bisa bebas bergerak kesana kemari dan tertawa

3. Anti gumpal
Jadi tidak menimbulkan efek gondal gandul waktu popoknya dipakai anak. Anak pun jadi nyaman bergerak

4. Mengunci cairan sehingga permukaan jadi cepat kering. Ini bisa di buktikan sendiri ketika kita taruh tisu di permukaan popok. Tisunya tidak basah atau lembab.

5. Prestige
Tetangga yang julid be lyke "popoknya aja pakai popok sultan MAKUKU"




Oh iyaaa berikut aku sertakan foto perbedaan OLD MAKUKU SLIM dengan NEW MAKUKU SLIM

 






Oh iya ada lagi yang mau aku share nih tentang perbedaan menggunakan popok MAKUKU dengan popok lain.Kebetulan aa rizwan pakai popok MaAKUKU SAP DIAPERS SLIM dan dede zhafira mengunakan popok merk lain. Tampak jelas dari permukaan popok MAKUKU tidak menggumpal. Sedangkan permukaan popok brand lain menggumpal. Di bagian karet pinggang popok MAKUKU gampang disobek ketika ingin mengganti popok sedangkan karet pinggang popok brand lain agak sedikit effort untuk merobeknya. MAKUKU SAP DIAPERS SLIM juga tidak ada efek godal gandul karena cairan urin merata di permukaan popok. Sedangkan merk popok lain ada efek gondal gandulnya. Setelah penuh dan popok ingin dibuang ke tempat sampah, popok MAKUKU ada tape pembuangnya jadi lebih satset sedangkan popok lain tidak ada. 






MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi, berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu di Indonesia tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia. Tujuannya untuk mengurangi kekeliriuan ataupun hoax mengenai kesehatan bayi.

Kolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi kesehatan gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi. Para Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.

 

10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu:

• RS St. Carolus di Jakarta
• RSIA Bina Medika di Tangerang
• RS Lira Medika di Karawang
• RS Hermina Pasteur di Bandung
• RS Hermina Pandanaran di Semarang
• RSIA Putri di Surabaya
• RS Mitra Medika Premiere di Medan
• RSIA Azzahra di Palembang
• RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung
• RSIA Ananda di Makassar

Edukasi mengenai ruam popok yang dilakukan oleh MAKUKU diikuti oleh Nikita Willy, Fiona Antoni, Chelsea Olivia dan Jessica Iskandar selama tanggal kembar hari ini. Hari ini, saat harbolnas 12.12 live TikTok diadakan selama 24 jam; pukul 13.00-15.00 WIB bersama dengan 3 Brand Ambassador MAKUKU yaitu, Nikita Willy, Chelsea Olivia, dan Jessica Iskandar dengan topik “Rahasia Super Moms Atasi Drama Ruam Popok”. Sementara pukul 19.00-21.00 WIB bersama Fiona Antoni dan dr.Marlisye Marpaung, SpA (K) dari Bina Medika dengan topik “Drama Ruam Popok dan Cara Mengatasinya”.


Udah pasti kenal dong sama MOM AMBASSADOR MAKUKU


Chelsea Olivia, public figure dan ibu dua anak, mengungkapkan, “Konsultasi yang paling tepat adalah dengan dokter sebagai ahlinya. Mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok bayi. Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatan bayi, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi. Sebagai seorang Ibu, saya juga sangat bersemangat mendengarkan cerita dari Ibu lain hari ini sekaligus membagikan pengalaman saya secara pribadi sebagai seorang Ibu dalam MAKUKU Live Shopping di TikTok. Para Ibu juga dapat mengkonfirmasi secara langsung pada dokter yang merupakan ahlinya.”

 


Nikita Willy, public figure dan ibu satu anak, mengungkapkan, “Anak saya sejak lahir sudah menggunakan popok MAKUKU. Sebagai seorang Ibu baru, saya tidak ingin ada masalah ruam popok pada Si Kecil. Jadi, saya lebih memilih untuk mengantisipasinya. Selain menggunakan diaper cream, saya juga memilih popok yang cocok untuk kulit sensitif bayi. Dengan adanya MAKUKU, drama ruam popok yang dialami oleh para Ibu dapat lebih mudah diatasi. Tidak hanya menyerap cairan lebih banyak, teknologi SAP dari MAKUKU menjadikan MAKUKU sebagai popok anti gumpal dan anti bocor.”

 



Jessica Iskandar, public figure dan ibu dua anak, mengungkapkan, “Tips yang paling ampuh untukm mencegah risiko ruam popok dari saya sebenarnya adalah memastikan untuk selalu cek popok Si Kecil. Jika sudah penuh, harus segera diganti. Ketika ibu selalu memastikan popok Si Kecil dalam keadaan kering, tentu lebih nyaman juga untuknya. Tips sepanjutnya  adalah memilih popok dengan daya serap yang tinggi seperti MAKUKU. Kedua tips ini yang membuat anak kedua saya tidak pernah mengalami ruam popok.”




Tentang MAKUKU

MAKUKU berdiri sejak tahun 2020, sebagai perusahaan yang berorientasi dalam penyediaan kebutuhan ibu dan anak berkualitas. MAKUKU memposisikan sebagai "profesional, value delivery, intimate friend dan bersama-sama dengan orang tua di Indonesia untuk menyediakan kebutuhan terbaik bagi si kecil. MAKUKU senantiasa berusaha yang terbaik untuk memberikan masa kecil yang "Bahagia, sehat, hangat dan nyaman" untuk anak Indonesia. MAKUKU adalah popok pertama di Indonesia yang menggunakan inti struktur SAP (super sehingga anti gumpal). Popok MAKUKU juga sudah teruji paling tipis diantara popok lain di Indonesia. Selain itu MAKUKU memiliki inti penyerap yang cukup efisien dalam keseluruhan popok. MAKUKU juga sudah teruji unggul dalam hal penyerapan SAP popok.

Visi

Menjadi teman baik untuk semua orang tua di seluruh dunia. Serta memiliki peran untuk menjadi bagian dari keluarga mereka dengan memberikan informasi dan kebutuhan profesional.

Misi

Bersama orang tua memberikan yang terbaik untuk anak dengan kualitas produk terbaik dalam setiap aspek perawatan keluarga. MAKUKU Indonesia memberikan edukasi tentang produk terbaik bukan hanya soal harga, tapi juga kualitas dan kebutuhan.

BELI DIMANA???
DISINI AJAA

INSTAGRAM @makuku.indonesia.official

TIKTOK makukuindonesia.official

YOUTUBE makukuindonesiaofficial

Website makuku : https://makuku.co.id/id/ 

produk tersedia : https://makuku.co.id/id/toko-kami/toko-online-offline/ 

0 Komentar